iklan

4/22/14

Mengkoneksikan VM Proxmox Agar Dapat Terkoneksi Dengan Internet



Selasa, 22/04/2014

Bagi yang sudah ahli atau yang sudah bergelut dengan PROXMOX mungkin Tutorial ini tidak terlalu bermanfaat, namun bagi paramula bisa sangat bermanfaat. . .  pada saat pertama kali saya menggunakan proxmox-pun saya bingung. . . bisa ping ke ip ISP namun tidak bisa ping ke google/tidak berselancar di internet. . . .

Pertama seting konfigurasi ip di PROXMOX sebenernya Proxmox tidak terlalu berbeda dengan debian karna proxmox itu sendiri adalah Debian, kita buat ethX hanya saja di sini  menjadi manual agar yang biasanya ethX kita ganti vmbrX,

X = bisa di sesuaikan dengan jumlah ethernet yang kalian miliki. ingat !!! ethernet di hitung dari "0"

lebih jelasnya bisa liat di screenshot berikut.. dimana ip 192.168.12.2 adalah ip dari ISP, 192.168.12.1 adalah ip dari ISP saya, kalian bisa mensesuaikan dengan keadaan di lingkungan kalian. . . dan kita buat static agar mudah di inget, apabila menggunakan dynamic ip server kita akan berubah-rubah. alias GAK KONSISTEN, jd susah apabila kita me remote dari luar.
# vim /etc/network/interfaces


Selanjutnya kita isikan DNS agar dapat internetan. di
# vim /etc/resolv.conf
di sini saya menggunakan ip DNS Nawala dan ip Server ISP saya. bisa juga Di sesuaikan dengan ip DNS lain.
untuk mengeceknya silahkan coba ping ke ip ISP/google atau yang lainya terserah kalian ingin mengetes ke mana, namun di sini saya akan mengetes ke google.com




 Selanjutnya konfigurasi NAT iptables agar VM dapat mempunyai akses internet di sini saya letakan di
# vim /etc/rc.local agar saat komputer di restart/di nyalakan perintah ini dapat berjalan langsung sebagai startup.
 
setelah itu restart computer dan coba konfigurasi ip di VM yang penting masih dalam satu subnet dengan ip vmbrX.
semoga bermanfat dan dapat berhasill..
 

No comments:

Post a Comment